Call Center.pngStop Illegal.png

Letak Kawasan

 Cagar Alam Wolo Tado yang terletak di kawasan Barat bagian Utara Pulau Flores, secara administratif pemerintahan berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Ka-wasan ini berseberangan dengan bagian Barat Taman Wisata Alam Laut Tujuh Belas Pulau dan Cagar Alam Laut Riung ini jaraknya sekitar 162 kilometer dari Bajawa, Ibu kota Kabupaten Ngada. Sesuai dengan pembagian administrasi pengelolaan kawasan konservasi, Cagar Alam Wolo Tado berada dalam wilayah pemangkuan Resort Wilayah Konservasi TWAL Tujuh Belas Pulau, CA Wolo Tado, dan CAL Riung, Seksi Konservasi Wilayah III Maumere, Bidang KSDA Wilayah II Ruteng pada Balai Besar KSDA NTT.

 

Sejarah Kawasan

 Kawasan Cagar Alam Wolo Tado merupakan salah satu kawasan Suaka Alam yang ditetapkan melalui surat keputusan Menteri Kehutanan nomor: 429/Kpts-II/1992, tanggal 5 Mei 1992 dengan luas 4.016,80 hektar.

 

Potensi Kawasan

 ·       Kondisi Ekosistem

Kawasan Cagar Alam Wolo Tado merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan dataran sedang dengan susunan flora tipe vegetasi hutan alam.

·       Flora

Jenis-jenis flora campuran yang tumbuh di kawasan ini antara lain jenis-jenis kayu hitam (Diospyros sp), waru (Hibiscus tiliacius), ketapang (Terminalia catappa), kepuh (Sterculia foetida), ampupu (Eucalyptus urophylla), asam (Tamarindus indica), mangga (Mangivera indica), kayu manis (Cinamomum burmanii), serta johar (Cassia siamea), dan Beo (Gracula religiosa).

·       Fauna

Jenis-jenis fauna yang terdapat di kawasan ini diantaranya adalah rusa timor (cervus timorensis), landak (Zaglossus sp), kera (Macaca ints), biawak timor (Varanus fitnorensis), babi hutan (Sus vitatus), ayam hutan (Gallus galus), serta berbagai jenis burung misalnya nuri (Larius doniicella), burung kakatua (Cacatua sulphurea)), beo (Gracula religiose), dan perkici dada kuning (Trichoglosus haeniatodus).

 

Fasilitas Yang Tersedia

 Hingga saat ini baru tersedia fasilitas berupa 1 (satu) buah pos jaga dan 1 (satu) kendaraan patroli.

 

Aksesibilitas ke Kawasan

 Kawasan Cagar Alam Wolo Tado dapat ditempuh melalui jalur darat, dari kota Bajawa kurang lebih 4-5 jam perjalanan menggunakan kendaraan darat menuju ke Kecamatan Riung di Pantai Utara.