Call Center.pngStop Illegal.png

Letak Kawasan

Kawasan Suaka Margasatwa Danau Tuakdale terletak di daratan Pulau Timor. Secara administratif peme­rintahan, kawasan ini berada di wilayah Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Sesuai dengan pembagian administrasi pengelolaan kawasan konservasi, Suaka Margasatwa Danau Tuakdale berada dalam wilayah pemangkuan Resort Wilayah Konservasi Taman Wisata Alam Laut Teluk Kupang, Suaka Margasatwa Danau Tuadale, Suaka Margasatwa Perhatu, Pelabuhan Laut Tenau dan Bolok, Seksi Konservasi Wilayah II Camplong, Bidang KSDA Wilayah I Soe pada Balai Besar KSDA NTT.

 

Sejarah Kawasan

Suaka Margasatwa Danau Tuakdale merupakan salah satu kawasan konservasi yang ditunjuk menjadi Suaka Margasatwa melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: Menhut Nomor: SK.3911/MENHUT-VII/KUH/2014tanggal 14 Mei 2014 dengan luas 948,15 Ha.

 

Potensi Kawasan

·       Kondisi Ekosistem dan Fenomena Alam

Suaka Margasatwa Danau Tuakdale merupakan kawasan hutan yang memiliki perwakilan tipe ekosistern hutan dataran rendah batuan kapur vulkanis dan ekosistem hutan mangrove yang mendominasi pada pinggiran danau air payau. Pada Kawasan Suaka Margasatwa terdapat 3 buah danau air payau yang merupakan habitat berbagai satwa burung air termasuk daerah tujuan burung migran.

·       Flora

Beberapa jenis pohon yang tumbuh di kawasan ini diantaranya adalah jati (Tectona grandis), lontar (Borrasusfiabelifer), ketapang (Terminalia catappa), Gewang (Corypha gebanga), waru (Hibiscus sp), jambu hutan (Eugenia sp), kelapa (Cocos nucifera), kesambi (Schleichera oleosa), pandan (Pandanus tectorius), serta beberapa jenis rumput seperti Cynodon datylon, Andropogen timorensis, Digitaria decumbens, dan Centrosema pubescens. Sesuai dengan kondisi ekosistem mangrove yang mendominasi pada pinggiran danau tersebut maka jenis-jenis mangrove yang terdapat di kawasan tersebut antara lain: Rhizophora sp, Avicennia sp, Bruguiera sp, dan Sonneratia sp.

·       Fauna

Adapun jenis-jenis fauna yang terdapat di kawasan ini di antaranya.adalah ular sanca timor (Phyton timorensis), biawak timor (Varanus ti­morensis), bangau putih (Egretta sacra), ulung-ulung (Haliaetus leucogaster), perkici dada kuning (Trichoglosus haemotodus), burung camar (Sterna sp), burung puyuh (Turnix suscitater), serta berbagai jenis satwa burung air migran yang menempati habitat danau Tuakdale pada musim-musim tertentu.

 

Fasilitas Yang Tersedia

Di kawasan Suaka Margasatwa Danau Tuakdale ini belum tersedia fasilitas, baik sarana prasarana pengelolaan, penelitian, maupun pengelolaan  lainnya.

 

Aksesibiltas ke Kawasan

Aksesibilitas untuk mancapai Kawasan Suaka Margasatwa Danau Tuakdale dapat ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi darat. Dari Kota Kupang, ke  Suaka Margasatwa  danau Tuakdale bisa dicapai dengan kendaraan darat sekitar 30 kilometer ke arah Tablolong dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi dan belum tersedia sarana angkutan umum.