Call Center.pngStop Illegal.png

Letak Kawasan

Kawasan Suaka Margasatwa Kateri terletak di darat timor bagian selatan, yaituBetun, Kabupaten Malaka. Secara Administrasi Pemerintahan, kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Kateri terletak di tiga kecamatan yaituKecamatan Malaka Tengan, Kec. Botin Leo Bele, Kec.Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sesuai dengan pembagian administrasi pengelolaan kawasan konservasi, Suaka Margasatwa Kateri berada dalam wilayah pemangkuan Resort KSDA Suaka Margasatwa Kateri, Seksi Konservasi Wilayah I Atambua, Bidang KSDA Wilayah I Soe pada Balai Besar KSDA NTT.

 

Sejarah Kawasan

Suaka Margasatwa Kateri merupakan salah satu kawasan Suaka Alam yang ditunjuk melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 394/Kpts/Um/5/1981, tanggal 7 Mei 1981 dengan luas 4.699,32 Ha., Setelah dilakukan tata batas kemudian ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 688/Menhut-II/2009, tanggal 16 Oktober 2009 dengan luas 4.699,32 Ha.

 

Potensi  Kawasan

·       Kondisi Ekosistem dan Fanomena alam

Tipe vegetasi di dalam kawasan Suaka Margasatwa Kateri terdiri atas hutan alam, hutan cam­puran, hutan tanaman jati, dan semak belukar. Di samping memiliki pano­rama alam yang indah, di Suaka Margasatwa ini terdapat juga gua alam yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk kegiatan wisata Rohani berupa Upacara Gerejani yang mengandung nilai sejarah. Terdapat Benteng peninggalan Jepang di desa Kereana. Serta bangunan rumah adat masyarakat di desa Kereana.

·       Flora

Beberapa jenis pohon dominan di antaranya adalah jati (Tectona grandis), kesambi (Schleicheraoleosa), gewang(Corypha gebanga), Asam (Tamarindus indica), pulai (Alstonia sp), kapok hutan(Gossampintis malabarica), kedon­dong hutan (Lamea grandus), dan bambu (Bambusa sp).

·       Fauna

Adapun jenis­-jenis fauna yang terdapat di kawa­san ini di antaranya adalah rusa timor (Rusa timorensis), kuskus (Phalanger orientalis), ulung-ulung (Haliaetus leucogaster), burung hantu (Tarsius sp)elang (Elanus sp), tekukur (Streptopelia chinensis), dan biawak timor (Varanus timorensis), Sanca timor (Phyton timorensis). adanya beberapa jenis satwa langka endemik tersebut di atas merupakan pertimbanganutama penetapan fungsi kawasan ini sebagai Suaka margasatwa.

·       Potensi Jasa Lingkungan

Potensi Jasa lingkungan yang terdapat di Kawasan Suaka Margasatwa Kateri berupa potensi sumber air Wesarasa yang dimanfaatkan oleh Rumah Sakit Internasional di Betun; Sumber Mata Air Tubaki yang dimanfaatkan oleh masyarakat desa Kamanasa sebagai sumber air minum; Sumber mata air Rano yang dimanfaatkan oleh masyarakat desa Bakiruk berupa jaringan perpipaan dan Potensi Gua alam yang dimanfaatkan sebagai wisata Rohani untuk upacara Gerejani.

 

Fasilitas Yang Tersedia

Di kawasan ini telah tersedia fasilitas pengelolaan,berupa 1 (satu) buah Pondok kerja dan 1 (satu) buah Pos Jaga, 1 (satu) unit sepeda motor Patroli.

 

Aksesibilitas ke Kawasan

Dari Kota Kupang  Suaka Marga­satwa Kateri bisa dicapai melalui jalur darat sebagai berikut. Jalur ini dapat ditempuh kendaraan darat dengan rute sebagai berikut :

·       Kupang – Soe – Atambua se­kitar 285 kilometer, atau seki­tar enam jam perjalanan de­ngan bis umum, tersedia setiap hari.

·       Atambua – Betun sekitar 86 kilometer,  perjalanan dengan bis umum, tersedia setiap hari.

·       Kupang – Betun sekitar  319 Km, perjalanan dengan kendaraan umum tersedia setiap hari.