Call Center.pngStop Illegal.png

Letak Kawasan

Kawasan Suaka Margasatwa Perhatu terletak di daratan pulau Semau. Secara Administrasi Pemerintahan, kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Perhatu  terletak di Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan pembagian administrasi pengelolaan kawasan konservasi, Suaka Margasatwa Perhatu berada dalam wilayah pemangkuan Resort Wilayah Konservasi Taman Wisata Alam Laut Teluk Kupang, Suaka Margasatwa Danau Tuadale, Suaka Margasatwa Perhatu, Pelabuhan Laut Tenau dan Bolok, Seksi Konservasi Wilayah II Camplong, Bidang KSDA Wilayah I Soe pada Balai Besar KSDA NTT.

 

Sejarah Kawasan

Suaka Margasatwa Perhatu merupakan salah satu kawasan konservasi yang ditunjuk melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: No.SK.3911/MENHUT-VII/KUH/2014tanggal 14 Mei 2014 dengan luas 452,84 Ha.

 

Potensi Kawasan

·       Kondisi Ekosistem

     Kawasan Suaka Margasatwa Perhatu memiliki vegetasi per­wakilan ripe ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan kering dataran rendah.

·       Flora

     Vegetasi hutan mangrove didominasi oleh jenis Rhizophora sp, dan Bruguiera gymnoriza, ve­getasi hutan pantai di antaranya adalah jenis-jenis ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), Baringtonia asiatera dan pandan (Pandanus tec­torius), Serta vegetasi hutan dataran rendah antara lain jenis-jenis lon­tar (Borrasits flabelifer), jati (Tectona grandis), beringin (Ficus sp), kelapa (Cocos nocifera), emba (Podocarpus imbricatus), kapuk (Sterculia foetida), ampupu (Eucalyptus urophylla), dan alang-­alang (Imperata cylindrica).

·       Fauna

Adapun jenis-jenis fauna yang ditemukan di kawasan ini adalah rusa timor (Rusa timorensis), ayam hutan (Gallus galus), burung camar (Sterna sp), koakiu (Phylemon inornatus), elang (Elanussp), burung kutilang (Pyeneonelus coifea),        bangau putih (Egretta sacra), dan burung pipit (Mania manja). Adanya jenis-jenis satwa tersebut, khususnya burung termasuk burung migran meru­pakan pertimbangan utama pene­tapan fungsi kawasan ini sebagai salah satu kawasan Suaka margasatwa di Nusa Tenggara Timur.

 

Fasilitas Yang Tersedia

Di kawasan ini belum tersedia fasilitas, baik sarana prasarana pengelolaan, penelitian, maupun fasilitas lainnya.

 

Aksesibilitas ke Kawasan

Dari Kota Kupang, Suaka Margasatwa Perhatu bisa dicapai dengan menggunakan speed boat dari pantai Teluk Kupang atau Pelabuhan Tenau dengan waktu tempuh sekitar dua jam tiga puluh menit, atau dengan menggunakan dengan kapal motor dengan waktu tempuh sekitar empat jam dan tergantung kepada kondisi cuaca.